Cara Setting Tingkat Suara Alarm

Posted by

Susah memang kalau cari artikel tentang modifikasi komponen alarm motor. Ane sendiri bingung, sob. Jangan-jangan alarm motor memang sekali pakai alias jika sudah rusak kecil tidak bisa diperbaiki. Nah, kebetulan ada artikel yang ngga ane sangka bisa bantu memodifikasi alarm motor Van D Teach jadi bisa diatur tingkat suaranya, baik tinggi maupun rendah.
Potensio ini tipe mono (kakinya ada tiga)

Apa nama perangkat itu? Jreng jreeeeng!
Namanya potensiometer, sob. Alatnya memang kecil, namun manfaatnya cukup terasa. Harga alat ini (potensiometer mono) sekitar Rp 5.000,- saja (di daerah ane lho, ngga tahu berapa ya di daerah lain). Baik yang 100K maupun 50K mempunyai efek yang sama saja jika dipasang ke buzzer alarm motor.

Sebenarnya, jika mau mode silent pada alarm motor (meski tidak punya fiturnya) terus menerus itu gampang kok. Tinggal cabut saja kabel modul alarm menuju buzzer. Tenang, ngga perlu potong pakai gunting karena sudah ada soketnya sendiri.

Lalu, bagaimana cara memasang potensio pada alarm motor?
Gampaaang... Coba baca dulu link artikel pada blog di bawah ini sob
http://elixir259.blogspot.co.id/2012/05/dan-penjelasan-kaki-potensiometer.html?showComment=1457083103614#c8663611162915271535

Lumayan ringan dibaca untuk pemula macam ane. Yakin lah pasti ente juga gampang pahamnya kok. Intinya, pasang kabel yang menuju buzzer itu (boleh yang kanan atau yang kiri, pilih salah satu saja) ke kaki potensio nomor 1 (satu) dengan 2 (dua). Atau ente boleh juga pasang ke kaki potensio nomor 2 (dua) dan 3 (tiga). Pokoknya nomor dua ini peranannya penting banget, sob. Manfaatnya ialah untuk mengatur resistansinya. Jadi, kalau malah dipasang dari nomor satu ke nomor tiga ngga akan bisa diatur tingkat suara buzzernya, sob.

Berminat pasang, sob? Semoga sukses!


Blog, Updated at: 16:38

2 comments:

  1. pake transistor dlu apa bisa langsung gan??

    ReplyDelete
  2. Casino at Harrah's Philadelphia - JT Hub
    At Harrah's 진주 출장안마 Philadelphia, the experience of gambling is authentic, rewarding, and 용인 출장샵 fun. Harrah's Philadelphia offers you a 남원 출장샵 fun 여수 출장안마 gaming experience that'll keep 전주 출장안마

    ReplyDelete

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).