Studying List for MTs/SMP 9th Grade

Posted by

As salamu ‘alaikum, hai rekan seperjuangan! Sahabat D’ Teach! Terutama bagi siswa MTs SA Attaufiiqiyyah yang bersama-sama berjuang di jalan Allah (Ibnu Sabil). Sengaja saya membuat blog ini untuk menunjang proses pembelajaran kalian. Sehingga, meskipun dalam waktu yang sedikit di kelas dapat tercukupi dan efektif.


Berikut merupakan daftar bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris kelas IX (Sembilan).


SEMESTER I

Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Tanya jawab yang berkaitan dengan ungkapan meminta dan memberi kepastian, mengungkapkan dan menanggapi keraguan menggunakan gambit-gambit yang relevan. Contoh:
Kepastian: of course I would, I certainly would
Keraguan: I don’t know, I can’t decide
2. Mendengarkan percakapan yang berkaitan dengan materi
3. Mengidentifikasikan gambit-gambit yang digunakan dalam percakapan
4. Menjawab percakapan yang berkaitan dengan percakapan yang didengarkan
-------
5. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik dan ungkapan terkait materi.
6. Mengembangkan kosa kata terkait tema / topik yang dipilih.
7. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi.
8. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
9. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
10. Merespon ungkapan yang diucapkan guru.
-------
11. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait dengan jenis teks fungsional yang akan dibahas dengan bantuan contoh / model.
12. Membahas tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
13. Mendengarkan teks fungsional pendek terkait tema / topik tertentu.
14. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
-------
15. Tanya jawab yang berkaitan dengan tema tertentu, misalnya photography
16. Membahas langkah-langkah retorika berbentuk procedure/report dengan menggunakan ungkapan-ungkapan giving and demanding service
17. Mendengarkan rekaman teks monolog berbentuk procedure/report
18. Menjawab pertanyaan yang berkaitan dengan teks monolog procedure/report yang didengarkan

Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)

1. Tanya jawab menggali kosakata terkait topik/tema yang dipelajari
2. Menjawab / merespon ungkapan-ungkapan terkait materi
3. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan yang telah dipelajari
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
5. Melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan
-------
6. Tanya jawab menggali kosa kata terkait topik / tema yang dipelajari.
7. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
8. Mendengarkan percakapan menggunakan ungkapan terkait.
9. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
10. Bermain peran melakukan percakapan.
-------
11. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait jenis teks fungsional pendek yang akan dibahas.
12. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam teks.
13. Membuat draft jenis teks fungsional :
pengumuman.
pesan singkat
iklan

14. Menyampaikan secara lisan :
pengumuman.
pesan singkat
iklan

-------
15. Tanya jawab tentang salah satu alat multi media (HP, computer, Tv, radio)
16. Membuat kalimat perintah/pernyataan berdasarkan gambar kegiatan. Misal:
Press the menu button
Select the  number of  contact

17. Tanya jawab tentang cara mengoperasikannya (how to make a call, how to operate computer, dsb) menggunakan gambit-gambit tertentu
Can you show me.....
Sure/ I’m not sure           -
Let me show you.  First...,  then..., finally.

18. Melakukan monolog dalam bentuk procedure/report dengan bantuan gambar/urutan kegiatan

Standar Kompetensi… Membaca (Reading)

1. Tanya jawab tentang berbagai hal yang terkait tema/topik yang dipilih
2. Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait tema terkait topik / jenis teks prosedur
3. Tanya jawab tentang cara mengerjakan/membuat sesuatu
4. Membaca teks prosedur
5. Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi dalam teks prosedur
a. Tujuan  komunikatif
b. Bahan yang diperlukan
c. Cara melakukan.membuat sesuatu
d. Langkah retorika teks procedure/report
e. Ciri kebahasaan teks prosedur

6. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang tepat
-------
7. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibaca.
8. Membahas kosa kata dan ungkapan yang digunakan dalam teks yang akan dibaca.
9. Membaca teks fungsional pendek
10. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
11. Menyebutkan jenis teks yang dibaca dan tujuan komunikatifnya.
12. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca.
13. Membaca nyaring

Standar Kompetensi… Menulis (Writing)

1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema / topik / jenis teks yang akan dibahas.
2. Mengamati contoh-contoh teks fungsional pendek terkait materi.
3. Menyebutkan ciri-ciri, tujuan komunikatif dari teks.
4. Menulis kalimat pendek dan sederhana menggunakan unsur bahasa yang diperlukan.
5. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks.
-------
6. Review berbagai hal tentang teks procedure:
a. Tujuan komunikatif
b. Langkah retorika
c. Ciri kebahasaan

7. Mengembangkan kosakata dan kalimat terkait topik/jenis teks procedure
8. Menyusun kalimat acak berdasarkan urutan gambar
9. Menulis teks procedure berdasarkan perintah yang diberikan



SEMESTER II

Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Tanya jawab menggunakan ungkapan kesantunan dalam percakapan transactional dan interpersonal
2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3. Mendengarkan percakapan-percakapan yang santun
4. Mendengarkan gambit-gambit dalam percakapan yang santun
5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan yang santun
6. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
-------
7. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topik, ungkapan yang akan dibahas.
8. Tanya jawab menggunakan ungkapan terkait materi.
9. Mendengarkan percakapan yang menggunakan ungkapan terkait materi.
10. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
11. Menentukan makna dan fungsi ungkapan dalam percakapan.
-------
12. Tanya jawab tentang pengalaman siswa terkait tema, topik atau jenis teks yang akan dibahas.
13. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang digunakan dalam teks.
14. Mendengarkan teks fungsional pendek.
15. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
16. Menyebutkan jenis teks, tujuan komunikatif dengan ciri-ciri teks yang didengar.
-------
17. Brain storming tentang laporan pengamatan terkait topik yang dipilih.
Misal: Reptiles in Comodo Island, dengan memperlihatkan gambar
18. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topok dan jenis teks narrative/report.
19. Mendengarkan laporan pengamatan ayng menggunakan gambit-gam bit tertentu:
In general.....
One exception is....

20. Menjawab pertanyaan tentang isi teks narrative/report
21. Menjawab pertanyaan tujuan komunikatif dan langkah retorika dalam teks narrative/report
22. Menjawab pertanyaan tentang ciri-ciri kebahasaan teks report

Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)

1. Tanya jawab terkait dengan ungkapan kesantunan berbicara dalam percakapan transaktional dan interpersonal
2. Membahas kosakata dan tata bahasa yang dipakai dalam percakapan yang santun
3. Menirukan percakapan yang santun
4. Menirukan gambit-gambit yang santun:
Sorry, but.....
I’m not really interested in...
That’s very kind of you!

5. Menggunakan ungkapan-ungkapan kesantunan secara berpasangan
6. Bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan kesantuanan berdasarkan situasi yang sebenarnya
-------
7. Review ungkapan-ungkapan terkait materi.
8. Menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi untuk bertanya jawab.
9. Menggunakan gambit-gambit terkait materi berdasarkan konteks.
10. Bermain peran melakukan percakapan.
-------
11. Review jenis teks fungsional pendek terkait materi.
12. Mengembangkan kosa kata dan tata bahasa terkait materi.
13. Mendengarkan contoh-contoh :
pengumuman
pesan singkat
iklan

14. Berlatih menirukan pengumuman, pesan singkat dan iklan.
15. Mengungkapakn secara lisan jenis teks terkait.
-------
16. Tanya jawab tentang topik tertentu misalnya: Reptiles in Comodo Island
17. Membahas kosa kata dan tata bahasa terkait topik yang di pilih
18. Mendeskripsikan reptiles dalam kalimat-kalimat dengan gambit gambit tertentu.
Mis:
In general....
Usually...
Some people say.....
19. Berdiskusi dengan teman merencanakan teks monolg berbentuk narrative/report
20. Melakukan monolog berbentuk narrative/report

Standar Kompetensi… Membaca (Reading)

1. Review berbagai hal tentang iklan / surat pribadi.
tujuan
bentuk
bahasa yang digunakan

2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang sulit.
3. Membaca nyaring teks fungsional pendek.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks.
5. Menentukan tujuan komunikatif teks terkait.
-------
6. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait materi.
7. Membaca teks fungsional pendek.
8. Menjawab pertanyaan isi teks.
9. Menjawab pertanyaan terkait:
jenis teks
tujuan komunikatif
ciri  kebahasaan
langkah retorika

-------
10. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait tema, topic, jenis teks.
11. Membaca teks monolog berbentuk narrative dan report.
12. Menjawab pertanyaan isi teks.
13. Menjawab pertanyaan terkait:
jenis teks
tujuan komunikatif
langkah retorika

-------
14. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
15. Mendengarkan teks report yang dibacakan guru/teman
16. Menirukan teks yang dibaca guru/ teman
17. Membaca nyaring dengan ucapan dan intonasi yang benar
18. Menjawab berbagai pertanyaan tentang isi bacaan

Standar Kompetensi… Menulis (Writing)

1. Review berbagai hal terkait teks fungsional pendek
iklan
surat pribadi

2. Menulis kalimat pendek dan sederhana terkait jenis teks.
3. Membuat draft iklan / surat pribadi.
4. Menulis iklan / surat pribadi.
5. Memajang hasil tulisan.
-------
6. Tanya jawab yang berkaitan dengan laporan pengamatan (report ) tentang topik tertentu. Misalnya: Reptiles in Comodo Island dengan memperlihatkan gambar/replika
7. Membahas kosakata, tata bahasa: general noun, relating verbs, action verbs, present tense, istilah-istilah, paragraph dengan topic sentence.
8. Menulis kalimat menggunakan kosakata dan tata bahasa yang sudah dibahas.
9. Menyusun kalimat acak menjadi teks report yang padu.
10. Menulis draft teks report sederhana bersama teman
11. Mengembangkan draft menjadi teks report yang lengkap
12. Menulis teks report sendiri secara bebas








Blog, Updated at: 02:15

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).