Motorcycle: Solusi Anti-Bocor Tangki Motor Batangan

Posted by

Bismillah...
Sobat Van D' Teach yang HUWAW, kali ini saya akan membahas tentang pengalaman pribadi terhadap Si Berung Meggy (Megapro) Primus.

Motor batangan, umumnya yang mempunyai tangki 'njendul' (menonjol, red.) memang menjadi biang masalah masuknya air ke karburator. Setelah Van D' Teach cari pengalaman blogger yang lain, sama saja nggak menuntaskan masalah. Intinya, patri tangkimu atau beli yang baru, wkwkwk...

Bagi yang berduit mungkin tidak masalah. Cukup keluarkan sekitar Rp 650.000,- (untuk yang ori AHM warna hitam tanpa striping), sedangkan KW-nya kisaran Rp 450.000,-. Nah... bagaimana untuk kaum pas-pasan?

Langsung saja, sobat pasti penasaran alat apa yang mampu mencegah masuknya air ke dalam tangki motor, ini diaaaa!!!


Lho?! Mana? Mana?
Itu yang ijo-ijo (selangnya) disambung dari tabung filter bensin variasi. Bentuknya eye-catching (menarik), transparan (pake kaca, jadi bisa pantau apakah ada air atau ngga), dan removeable (bisa bongkar pasang dengan mudah).

Saya beli ini sekitar setahun yang lalu, awal 2012, dan itu juga iseng-iseng, ngga pake teori apapun. Karena penyaringannya pakai kasa (kayak kawat gitu), saya pikir akan sama aja dampaknya dengan filter bensin konvensional (dari bahan plastik, penyaringannya pakai busa, kurang transparan dan tidak bisa bongkar-pasang).




Perawatannya gimana, masbroh?
Halaaah... gampang, pakai kunci 12 atau 11 juga bisa, kunci Inggris juga bisa, asal jangan pake kunci motor dan kunci rumah. Pokoknya, air dan bensin akan terpisah dengan sendirinya. Sangat terlihat dengan jelas di kaca filter.

Apakah selang bensin dan filternya satu paket?
Ngga, ngga, ini terpisah, karena selang yang ori 'terpaksa' harus dipotong untuk menyambungkan ke tube filternya.

Contoh aplikasi filter bensin variasi pada Megapro Primus



Harganya berapa, masbroh?
Saya nggak jualan lho, tapi  hanya merekomendasikan, masbroh bisa cari sendiri di internet, terutama di website jual beli cari dengan keywords 'FILTER BENSIN VARIASI'. Nah, nanti amasbroh akan menemukan harganya dengan kisaran Rp. 45.000 - 50.000,- (moga-moga aja nggak naik, hehehe)

Catatan:
Filter bensin ini hanya untuk mencegah air masuk ke karburator.
Kesimpulannya, kemungkinan air masuk ke tangki masih besar, kecuali dengan trik modifikasi tangki. Caranya? Nanti akan kita bahas, insya Allah.

Artikel yang berkaitan:
Motorcycle: Solusi Anti-Bocor Tangki Motor Batangan (2)


Blog, Updated at: 12:54

2 comments:

  1. jadi itu ya solusinya?

    bagus nih artikelnya! lanjutkan ya bang!


    Idul Adha sale

    https://shopee.co.id/pc_event/?smtt=201.3663&url=https%3A%2F%2Fshopee.co.id%2Fevents3%2Fcode%2F557761808%2F%3Fsmtt%3D201.3663

    ReplyDelete

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).