Rasio Kompresi Mesin Honda CR-V Gen 2

Posted by

Postingan kali ini Van D Teach akan coba mengulas tentang mobil. Karena tidak banyak atau bahkan sulit mencari artikel tentang rasio kompresi mesin Honda CR-V, terutama untuk generasi yang kedua berkubikasi 2000 cc, maka ane cari di Google dengan mencantumkan kode mesinnya.


Honda CR-V generasi kedua mempunyai kode mesin K20A5, kemungkinan besar, huruf 'K' mewakili seri mesin dan angka '20' mewakili kubikasi/volume mesin. Sementara itu, rasio kompresi mesinnya ialah 1:9.8 yang berarti minimal mengkonsumsi bahan bakar dengan nilai oktan minimal 91 atau lebih (Pertamax).


Bagaimana jika mengkonsumsi Pertalite yang nilai oktannya 90?
Sebenarnya bisa saja. Namun, bila sohib ingin mobil sohib awet mesinnya, maka Pertamina Pertamax atau sejenisnya (Shell Super, Petronas Primax 92, dan Total Performance 92) jauh lebih baik.


Bagaimana jika mengkonsumsi BBM dengan nilai oktan 95 atau lebih?
Tidak sedikit orang yang memiliki dompet tebal memilih yang terbaik untuk kendaraannya. Dibelilah BBM dengan nilai oktan jauh di atas 92. Padahal, kebutuhan oktan berdasarkan rasio kompresi mesin tidak setinggi itu. Akibatnya, kendaraan agak sulit dihidupkan, karena BBM sulit terbakar (nilai oktan semakin tinggi semakin sulit terbakar). Pilihlah bahan bakar sesuai dengan rasio kompresinya (makin tinggi rasio kompresi, oktan BBM makin tinggi pula).

Semoga artikel sederhana ini dapat bermanfaat.

Sumber:

Gambar:
www.diyautoftw.com
www.carigold.com
auto.8891.com.tw


Blog, Updated at: 07:44

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).