Ini Cara Mendidik Siswa yang Efektif #2

Posted by

Lanjutan dari Ini Cara Mendidik Siswa yang Efektif #1

2. TEGAS BUKAN BERARTI 'KERAS'

Pada tahun pertama saya mengajar, saya minta pendapat para peserta didik (murid) mengenai cara belajar mengajar saya ketika di kelas. Saya beri mereka instruksi untuk menuliskannya pada kertas selembar (boleh diberi nama, boleh anonim). Ternyata, kesalahan terbesar saya ialah kurang tegas dalam menangani anak yang tidak mengerjakan tugas.


Gambar 2.1. Ketegasan Guru diperlukan untuk membuat suasana belajar yang nyaman dan efektif

Sudah tentu, perubahan yang saya lakukan dijalankan secara bertahap. Ini merupakan cara agar peserta didik tidak 'kaget' dengan perubahan sikap kita ketika berada di dalam kelas. Nilai plusnya, anak lebih merasa nyaman ketika kita mengajar (tanpa tahu bahwa kita telah melakukan PERUBAHAN, hehe).


Blog, Updated at: 21:07

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).