Ini Cara Mendidik Siswa yang Efektif #1

Posted by

Sohib D' Teach, telah kita ketahui bersama bahwa dewasa ini sistem pendidikan di negeri kita sedang dalam masa kritis dan krisis. Label pendidikan seolah-olah berkurang menjadi 'hanya' pengajaran. Sekilas, makna MENDIDIK dan MENGAJAR terlihat sama. Tetapi pada hakikatnya, makna diantara kedua kata itu sungguh berbeda.

Ini pengalaman saya sendiri ketika 'bekerja' di instansi pendidikan Madrasah Tsanawiyah (setara SMP/SLTP). Ketika saya pertama kali masuk sekolah ini dengan status sebagai guru... Sangat Huwaw sekali!

Foto 1.1. Menjadi seorang Guru bukan hanya Mengajar, tetapi juga Mendidik.

1. MEMBERIKAN SURI TAULADAN YANG BAIK (USWATUN HASANAH)

Saya beranggapan bahwa mengajar di sekolah dengan nuansa religi PASTI di dalamnya terdapat orang-orang yang religius. Tetapi... waduuuh...

Ketika kumandang adzan Dzuhur tiba, apa yang seharusnya seorang guru lakukan ketika masih berada di dalam kelas bersama para peserta didiknya?

Idealnya, ketika kumandang adzan tiba, ajaklah para peserta didik untuk pergi menuaikan shalat di masjid. Lha ini... Ini dia... Gurunya aja cuek sambil melanjutkan pelajaran. Gimana murid nggak bandel???

Cobalah bermuhasabah (Introspeksi diri). Sejauh mana kita mampu menjadi teladan bagi para peserta didik.

Jika merasa tidak mampu, lebih baik tanggalkan titel guru dan cari 'pekerjaan' yang tidak ada sangkut pautnya dengan dunia pendidikan anak.

Bersambung ke... Ini Cara Mendidik Siswa yang Efektif #2


Blog, Updated at: 23:02

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).