Hal yang WAJIB Diperhatikan Sebelum Ikut Serta CPNS

Posted by

As salamu 'alaikum, sohib Van D Teach.
Kali ini, ane share pengalaman 'belum lulus' (bahasanya diperhalus, hehe...) tes CPNS dan hal-hal yang perlu diwaspadai pra-tes CPNS. Sudah ane tulis pada blog ane yang lain di http://cilegon-to-tasik.blogspot.com/2014/11/gagal-cpns-anda-beruntung.html
Itu secara garis besar, sekarang ane jelaskan lebih mendetail.
Adapun hal-hal yang sebaiknya sohib lakukan antara lain...

1. Memilih formasi CPNS yang tidak ramai peminat
Ini hal yang paling penting, sob. Jangan kayak ane. Pengalaman nih ya, pada tes CPNS pertama ane di tahun 2014 ini, ane pilih formasi PERENCANA PERTAMA yang ternyata formasi itu merupakan formasi yang paling diminati.
Biasanya, formasi yang paling diminati ialah formasi yang menyediakan kualifikasi pendidikan S-1 Umum / Semua Jurusan.
Terbukti sebuah surat kabar di Cilegon menyebutkan bahwa dari 5 kuota yang tersedia, terdapat 1.500 peserta yang memilih formasi tersebut. Sohib boleh memilih formasi itu jika sohib bisa meraih nilai minimal 400 dalam tes TKD nantinya. Welleh weleeeeh...

2. Pilih formasi yang 'sesuai'
Ini juga penting, mana bisa gambilng pengen lulus padahal syarat pendidikan harus dari kesehatan, eeh... yang pendidikan maksa masuk. Ya ngga akan masuk lah. Ingat juga, sebaik-baiknya IPK sohib, akan lebih baik akreditasi PT. Maksudnya? Kalau di pusat... nilai akreditasi universitas mayoritas harus B, ada beberapa yang mewajibkan A. Jadi, disayangkan juga jika sohib punya IPK 3,9 tapi akreditasi PT ternyata C, berarti sohib hanya bisa masuk CPNS daerah.

3. Pilih formasi di daerah 'terpencil'
Bukan rasis atau merendahkan martabat suatu suku ya. Tapi ini kenyataan pesaing di luar Jawa Bali punya kemungkinan lebih untuk bisa meraih impiannya menjadi PNS. Ini disimpulkan berdasarkan kenyataan infrastruktur di lapangan untuk pendidikan di luar Jawa Bali yang masih kurang memenuhi standar. Tidak sedikit lho diantara pesaing luar Jawa Bali yang lebih jenius dari sohib.

Itulah beberapa yang bisa Van D Teach bagi pada sohib sekalian. Semoga bermanfaat di hari nanti.


Blog, Updated at: 07:17

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).