Komentar di Template Johny Wuss 2 Tidak Muncul? Ini Solusinya!

Posted by

As salamu 'alaikum, sohib Van D Teach!

Beberapa hari ini, ane bener-bener dijengkelkan dengan kolom komentar blog yang tak kunjung muncul.
Ane mikir keras, percuma. Lha wong mikir aja tanpa bertindak.

Setelah sadar ngga melakukan apa-apa untuk memunculkan / memperbaiki kolom komentar blog ane. Akhirnya, ane memutuskan untuk cari di Wak Google.

Ternyata, apa yang ane temukan tidak semudah perkiraan. Beberapa tutorial belum berhasil 'menyembuhkan' kolom komentar blog ane. Sampai pada akhirnya ane baca artikel dari panduantemplateblog.com milik Mbak Ana Sriwahyuni.

Di dalam artikel tersebut, dijelaskan bahwa ada beberapa faktor yang menyebabkan kolom komentar di blog tidak muncul. Salah satunya ialah tidak ter-update-nya template yang kita gunakan (kalo ane pakai template Johny Wuss versi 2).

Nah, tutorial yang mbak Ana berikan pada post artikel belum ampuh menyembuhkan blog ane. Akhirnya setelah iseng-iseng ane baca kolom komentarnya, mbak Ana menambahkan info yang sangat penting! Inilah info yang dapat menyembuhkan blog ane dari kehilangan kolom komentarnya.

Bagaimana caranya?

CARA PERTAMA

1. Masuk ke Template
2. Pilih edit HTML

 
3. Cari kode (menggunakan search di dalam kotak HTML, klik dulu kotak HTML dan tekan Ctrl+F secara bersamaan)

<div class='comments' id='comments'>

4. Tambahkan DI BAWAHNYA dengan kode...
<div class='cmt_iframe_holder' expr:Data-href='data:post.canonicalUrl' expr:Data-viewtype='data:post.viewType'/> 
  
sehingga menjadi seperti ini...

<div class='comments' id='comments'>
<div class='cmt_iframe_holder' expr:Data-href='data:post.canonicalUrl' expr:Data-viewtype='data:post.viewType'/> 



Jika cara di atas belum berhasil, maka kita harus pakai cara kedua.

CARA KEDUA

1. Masuk ke Template
2. Pilih edit HTML
3. Cari kode (menggunakan search di dalam kotak HTML, klik dulu kotak HTML dan tekan Ctrl+F secara bersamaan)

<b:include data='post' name='post'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;static_page&quot;'>
<b:include data='post' name='comments'/>

</b:if>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<b:include data='post' name='comments'/>
</b:if>


N.B. :
Jika tidak ditemukan, cari yang mirip dengan kode di atas.

4. Ganti...

<b:include data='post' name='comments'/>

dengan...

<b:include data='post' name='comment_picker'/>


Selesai! Blog sohib sehat kembali seperti sedia kala!


Blog, Updated at: 07:27

1 comments:

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).