Perbedaan Blogger dan Wordpress

Posted by

Bagi yang senang berselancar di dunia maya, terlebih gemar membuat artikel blog, pasti tidak asing dengan kata 'Blogger' dan 'Wordpress'. Ya, keduanya merupakan situs penyedia blog gratis yang terbaik. Banyak orang yang memakainya untuk tujuan tertentu, mulai dari iseng-iseng, curhat, bahkan sampai bisnis sekalipun.

Nah, dari beberapa penjelasan singkat di atas, ane bagi ke dalam plus dan minus-nya menggunakan Blogger maupun Wordpress. Berikut ulasannya:

1. BLOGGER
a. Plus / Pros
+ Desain menu yang tersedia user-friendly, tidak sulit menemukan letak tombol untuk membuat postingan, melihat postingan apa saja yang telah dibuat.
+ Fiturnya cukup lengkap untuk yang gratisan, di mulai dari diperbolehkannya merubah tema blog sesuka hati kita (asalkan tetap mengacu pada peraturan yang berlaku), merubah tampilan kolom komentar, dan tersedianya 'gadget / widget' untuk mempercantik blog.
+ Sangat direkomendasikan bagi yang memiliki g-mail karena ada beberapa tema yang hanya bisa dikomentari memakai akun Google.

b. Min / Cons
- Fitur komentar tidak praktis, terutama bagi yang mengaplikasikan komentar Google. Hal tersebut menyebabkan jarang orang yang berkomentar di Blogger.
- Fitur share kurang memadai, sulit untuk auto-share di Facebook, Twitter, maupun situs jejaring sosial lainnya.
2. WORDPRESS
a. Plus / Pros
+ Fitur share yang sangat bermanfaat. Dapat mengaplikasikan auto-share setelah membuat posting.
+ Beberapa tema sangat SEO-friendly (contoh: tema regulus), yang berarti search engine semisal Google dapat mencari serta menempatkan blog sohib pada awal halaman atau bahkan pada urutan pertama!
+ Tampilan sangat menarik, menu pada blog dapat dengan mudah dikostumisasi sesuai selera, baik itu drop-down maupun tidak.

b. Min / Cons
- Bagi yang terbiasa menggunakan Blogger, agak sulit beradaptasi menggunakan Wordpress. Namun tidak sampai seminggu, sohib sudah dapat menguasainya.
- Untuk yang gratisan, kecepatan situs / blog kurang memuaskan karena masih memakai template dari Wordpress.

Itulah beberapa opini Van D Teach yang dibuat berdasarkan pengalaman. Keduanya mempunyai keunggulan dan kekurangan. Sekarang, tergantung sohib apakah mau memilih Blogger, Wordpress, atau bahkan keduanya?


Blog, Updated at: 15:12

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).