Karakter Anime menurut STIFIn

Posted by

Untuk yang masih bingung apai itu STIFIn, boleh membaca referensi yang lain dulu. Secara garis besar, STIFIn merupakan tes sidik jari yang mampu mengenali kecerdasan seseorang melalui sebuah alat. Lalu, ane punya ide untuk 'menebak' tipe kecerdasan yang dimiliki tokoh fiktif pada serial anime maupun manga. Apa sajakah itu?

7. Onizuka Eikichi (Great Teacher Onizuka)

Semasa sekolah, dia adalah seorang preman. Namun, ketika setelah lulus, dia berkeinginan untuk menjadi seorang Guru karena tujuan tertentu, yakin agar dapat menikahi muridnya. 
 Tipe Kecerdasan : SENSING - EKSTROVERT
Dia mampu menguasai hal dengan cara memperagakannya terlebih dahulu. Memang otaknya kurang dalam menghafal, namun otot merupakan 'otak'-nya. Itulah sebabnya, semasa di sekolah dia terkenal sebagai preman.

6. Edward Erlic (Full Metal Alchemist)

Dia memang tipe orang yang serba penasaran. Karena rasa penasaran itu pula, dia terjebak dalam permasalahan besar. Edward menginginkan ibunya dapat dihidupkan kembali dengan kekuatan  kimia, namun hal tersebut ternyata menentang kehendak Tuhan.
Tipe Kecerdasan : THINKING - INTROVERT
Ulahnya di masa lalu dengan 'memanggil' ibunya kembali ternyata harus dibayar mahal dengan hilangnya jasad adik satu-satunya serta salah satu lengan dan kakinya. Hal tersebut dikarenakan dia tidak mempedulikan nasihat orang (cenderung menghindari stimulus dari orang lain) dan lebih senang mengembangkan diri sendirinya.

5. Oga Tatsumi (Beelzebub)

Sebenarnya, tingkah lakunya tidak jauh berbeda dengan Onizuka. Perbedaanya, Oga memiliki ego yang besar sehingga dia tidak mau menerima stimulus dari orang lain. Dia juga tidak bergabung dengan geng layaknya Onizuka, sehingga dia hanya memiliki sedikit sahabat dekat.
Tipe Kecerdasan : SENSING - INTROVERT
Egoismenya dalam mempelajari hal yang baru tidak ingin diintervensi oleh orang lain. Dia merasa malu untuk mengakui bahwa dirinya masih lemah. Itulah sebabnya, ketika mengalami banyak kekalahan, dia membalasnya dengan berlatih sendirian (mengembangkan ilmu yang didapatnya dari orang lain maupun pengalaman).

4. Bossun / Yusuke Fujisaki (Sket Dance)

Jiwa penolong dalam dirinya mengantarkannya pada permasalahan-permasalahan baru dan unik yang terjadi di sekitar sekolah. Kemampuan Bossun dalam menganalisa dan berpikir mendalam menjadikannya sebagai pribadi yang dibutuhkan teman-temannya.
Tipe Kecerdasan : THINKING - EKSTROVERT
Sebenarnya, mudah bagi Bossun untuk terus mendapatkan nilai bagus di sekolah. Namun, karena kemampuan berpikirnya hanya bisa dilakukan dalam suasana yang hening, dia seringkali terganggu dan lebih memilih bermain daripada belajar.

3. Nobita (Doraemon)

Siapa yang tidak tahu Nobita? Anak yang pemalas dan sering menyerah pada permasalahan dengan mengadu pada robot pembantunya, Doraemon. Walau dimarahi ataupun dinasihati, tetap saja kelakuannya sulit berubah.
Tipe Kecerdasan : INSTING - INTROVERT
Ketika disuruh mengerjakan PR, dia hanya bersemangat pada awalnya, lalu... tidur atau bermain. Itulah yang menyebabkan segala sesuatunya yang dia lakukan tidak sampai selesai. Di balik itu, dia mampu mempelajari sesuatu dengan sangat cepat tanpa dia sadari.

2. Naruto (Naruto)

Mungkin dari sekian banyak tokoh fiksi yang terkenal, Narutolah yang paling setia menjadi 'pendengar' sekaligug menjadi penasihat dengan cara bicaranya yang baik. Jika kita membaca komiknya ataupun serial animenya, maka kita akan mendapati untaian kalimat yang cukup panjang. Itulah kemampuan lain Naruto, berbicara dan mendengar.
Tipe Kecerdasan : FEELING - EKSTROVERT
Di setiap chapternya, Naruto banyak mendengar keluhan-keluhan orang yang dia rasa memiliki kesamaan sepertinya. Selain itu, Naruto juga pandai dalam meyakinkan orang lain dengan perkataannya. Motto hidupnya ialah, "Jalanku adalah jalan ninja." atau "...karena itu adalah jalan ninjaku."

1. Monkey D Luffy (One Piece)

Tokoh utama dalam serial One Piece ini memang konyol dan jarang berpikir dahulu sebelum bertindak (artinya: Luffy sering bertindak dulu lalu berpikir). Kecerobohannya dalam memutuskan suatu hal tidak lantas membuatnya patah semangat. Justru hal tersebut semakin menambah hasratnya untuk maju dan menang!
Tipe Kecerdasan : INTUITING - EKSTROVERT
Kegagalan merupakan Guru terbaiknya. Di setiap serial movie, Luffy seringkali kalah pada pertempuran pertamanya dengan lawan. Namun, dia pandai membaca pola pergerakan musuh. Daya kreatifitasnya membuat dia dapat memanipulasi kemampuan buah iblis gomu-gomu menjadi lebih hebat dan cepat.

Tulisan-tulisan di atas hanyalah sotoy-isme (paham sok tahu dan sontoloyo) dari seorang Van D Teach. Jadi, jangn dijadikan bahan kajian serius ya. Setidaknya, ini dapat menjadi gambaran sederhana dalam memahami tipe kecerdasan apa saja yang termasuk dalam STIFIn. Mungkin masih banyak tipe kecerdasan yang lainnya, sayangnya ane bukan ahlinya. Hehe...

Semoga bermanfaat!


Blog, Updated at: 12:52

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).