Kerugian Menggunakan Gembok Cakram

Posted by

Hai sohib. Lama tak update artikel Van D Teach. Kali ini kita akan membahas alat pengaman motor, yakni gembok rem cakram motor atau gembok disc brake.

Berdasarkan pengalaman pribadi menggunakan gembok cakram, ternyata selain didapati sisi positif, terdapat pula sisi negatifnya. Apakah itu?
Sumber: bukalapak.com
Ketika kita lupa membuka kunci gembok ataupun motor kita dipindahkan juru parkir, otomatis gembok akan beradu dengan tabung shock depan (jika mundur) ataupun menghantam kaliper/pala babi rem cakram (jika maju). Sudah pasti hal tersebut membuat bagian yang terkena hantaman gembok menjadi lecet.

Itu kerugian dari sisi estetika. Bagaimana dengan performa?
Piringan cakram yang menahan gembok ketika terjadi hantaman akan sedikit miring. Akibatnya, ketika melakukan pengereman menjadi berbunyi.

Hal preventif apa yang dapat dilakukan?
Untuk mencegah agar gembok beradu dengan shock, ada baiknya kita juga memasang pengaman tambahan, seperti menggunakan grip-lock yang dipasang pada tuas rem dan gas.

Sumber: tokopedia.com
Hal yang diulas di atas hanya sekedar saran dari Van D Teach. Maski demikian, hal tersebut tidak seberapa besar kerugiannya dibandingkan dengan kehilangan motor. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi para biker sekalian.


Blog, Updated at: 20:34

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).