Guru Terbaik Versi Tokoh Animasi

Posted by

Guru merupakan sosok yang paling diperhatikan murid ketika di sekolah. Hal yang dilakukan Guru kemungkinan besar akan menjadi panutan bagi para peserta didik. Parahnya, jika Guru memberi contoh yang kurang baik, hal ini akan berdampak buruk bagi citra Guru itu sendiri, sekolah, maupun keluarganya.

Nah, bagaimana karakter Guru yang akrab dengan muridnya? Mampu mengatasi permasalahan muridnya dengan cara yang bijak dan menarik?

Berikut ialah tujuh Guru karakter animasi terbaik versi Van D Teach:

7. Master Shifu (Kungfu Panda)
Mendidik seseorang dari nol memang bukan pekerjaan mudah. Tetapi, jika murid yang dididiknya mempunyai bakat yang terpendam, yang susah bisa jadi mudah. Hanya perlu mengasahnya dengan berbagai macam pelatihan yang tidak membuat orang menjadi bersemangat. 'Guru' yang satu ini memang dikhususkan bagi muridnya yang memiliki bakat. Keistimewaannya ialah Master Shifu hanya perlu menjelaskan dengan gaya bahasa model 'pepatah kuno' untuk mendidik muridnya (selain dengan metode praktik).

6. Onizuka Eikichi (Great Teacher Onizuka)
Sebenarnya, Guru SMP yang satu ini kurang pantas menduduki nominasi Guru terbaik. Di samping sifatnya yang mesum juga konyol, dia juga kurang bagus dalam menguasai suatu bidang keilmuan (kecuali ilmu premanisme, eh!?). Satu hal yang membuat anak didiknya tertarik padanya ialah caranya memecahkan suatu problematika anak remaja.

5. Saotome Zenjuro (Beelzebub)
Bukan Jepang namanya jika tidak membuat karakter guru yang konyol. Pasti ada saja kekonyolan yang ditimbulkan oleh pengarang untuk membuat alur cerita menjadi kian menarik. Seorang Guru SMA, Saotome sensei, merupakan salah satu karakter serius yang dibuat konyol. Perilakunya seperti cuek/acuh terhadap lingkungan sekitarnya yang menganggap aneh dirinya. Penampilannya sungguh jauh dari sosok Guru (rapih, bersih, elegan). Hal yang paling disukai muridnya ialah caranya mendidik dengan metode full practice (praktek penuh) karena murid-muridnya rata-rata anak berandalan yang malas belajar (eh!?).

4. Yamano Bekunio (Sket Dance)
Panutannya ialah Master Wong. Hobinya ialah segala sesuatu yang berkaitan dengan Master Wong, mulai dari game jadul, olahraga aneh, maupun catur unik. Sebenarnya, Guru Geografi SMP inimemiliki satu keistimewaan yang tersirat, yakni kemampuan untuk memotivasi muridnya supaya mampu melakukan hal-hal yang jarang dilakukan orang lain. Hal yang paling disukai muridnya ialah caranya berinteraksi dengan murid dengan totalitas tinggi (hingga mengorbankan tenaga, waktu, serta pikirannya).

3. Nueno Meisuke (Jigoku Sensei Nube)
Guru SD ini memiliki jiwa misterius dan terkenal dengan hal-hal yang bersifat mistis di sekolahnya. Namun, seringkali bertingkah konyol terhadap muridnya. Nueno (atau yang akrab dipanggil Nube) merupakan tipe orang yang santun. Hal yang paling disukai muridnya ialah caranya dalam mendekati murid secara psikologis dengan kemampuan unik yang dimilikinya.

2. Guy Maito (Naruto)
Tokoh yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi di mata penggemar animasi serial Naruto. Jiwa muda yang penuh semangat, itulah slogan yang biasa digembar-gemborkan oleh Guru ini. Memberi murid berbagai motivasi serta kekuatan untuk tetap maju ialah keistimewaannya. Contohnya, ketika bertemu dengan Rock Lee (muridnya) pada awal perjumpaan, Lee bukanlah orang yang kuat. Namun, karena Guy Maito mempercayainya dan memberinya harapan untuk bangkit dan maju. Bukan sekedar ucapan, tetapi juga implementasinya.

1. Papa Zola / Cikgu Papa / Cikgu Kebenaran (Boboi Boy)
Guru SD yang nyentrik dengan kata 'pahlawan' ini memang sangat spesial. Caranya menyemangati muridnya dengan berkoar-koar seperti sedang melakukan demo sungguh patut diacungi jempol. Semangat juga tidak melulu identik dengan serius. Ada kalanya hal yang lucu perlu dikeluarkan oleh seorang Guru agar lebih dekat dengan muridnya. Kedekatannya dengan murid bisa juga dikarenakan cara mengajarnya yang unik dan penuh semangat. Memang, jika Gurunya saja kelihatan tidak semangat, bagaimana bisa memberi semangat pada muridnya?

Itulah beberapa Guru terbaik tokoh animasi versi Van D Teach. Intinya, kehadiran Guru bagi muridnya tidak hanya sebagai fasilitator belaka, namun juga sebagai motivator yang mampu membangkitkan kemampuan alami murid.






Blog, Updated at: 06:40

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).