As salamu ‘alaikum, hai rekan seperjuangan! Sahabat D’ Teach! Terutama bagi siswa MTs SA Attaufiiqiyyah yang bersama-sama berjuang di jalan Allah (Ibnu Sabil). Sengaja saya membuat blog ini untuk menunjang proses pembelajaran kalian sehingga meskipun dalam waktu yang sedikit di kelas dapat tercukupi dan efektif.
Berikut merupakan daftar bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris kelas VIII (Delapan).
SEMESTER I
Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Brainstorming bertanya dan menjawab tentang berbagai hal terkait tema topik yang akan dibicarakan.
2. Membahas kosakata ( noun phrase, verb phrase, adverb phrase) tata bahasa (kalimat sederhana tentang tawaran jasa, meminta sesuatu, informasi faktual, pendapat terkait materi percakapan .
3. Mendengarkan percakapan yang memuat ungkapan-ungkapan dalam materi.
4. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan.
5. Memberi respon lisan dan tulis terhadap ungkapan yang didengar.
-------
6. Memberi respons lisan Curah pendapat tentang hal-hal terkait topik/ungkapan yang akan dibahas
7. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait topik / ungkapan yang dibahas
8. Mendengarkan percakapan memuat ungkapan terkait marteri
9. Tanya jawab tentang isi percakapan
10. Tanya jawab tentang fungsi dan makna ungkapan dalam percakapan
-------
11. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait topik/tema yang akan dibahas
12. Membahas kosakata yang terkait tema/topik/undangan (noun phrase, verb phrase)
13. membahas ungkapan-ungkapan yang sering muncul dalam undangan:
I want you to come to.......
Please come to .....
Don’t forget to come to......
14. Mendengarkan teks fungsional pendek (undangan)
15. menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi yang terdapat dalam teks fungsional, undangan.
16. Mendengarkan contoh-contoh undangan lainnya dari teman.
17. Mengidentifikasi ciri kebahasaan teks fungsional pendek : undangan
invitee
occasion
time
place
Invitor
-------
18. Eliciting kosakata terkait tema/topik/ jenis teks
19. Membahas tata bahasa terkait jenis teks yang akan dibahas
20. Mendengarkan teks monolog descriptive / recount dengan topik tertentu
21. Menjawab pertanyaan tentang berbagai informasi terkait teks yang didengar
22. Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif teks yang didengar
Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)
1. Review kosakata dan ungkapan-ungkapan terkait materi dan tema
2. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan tersebut
3. Bermain peran melakukan percakapan yang disediakan guru
4. Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi /gambar yang disediakan
5. Menggunakan ungkapan yang telah dipelajari dalam real life situation
-------
6. Review kosakata terkait tema, topik sebelumnya
7. Memperkenalkan kosakata baru / ungkapan-ungkapan yang akan dibahas
8. Tanya jawab menggunakan ungkapan-ungkapan terkait materi
9. Menirukan percakapan yang diucapkan guru
10. Melakukan percakapan yang diberikan
11. Melakukan tanya jawab menggunakan ungkapan
-------
12. Mendengarkan teks fungsional pendek: undangan
13. Tanya jawab tentang isi teks “undangan”
14. Tanya jawab tentang struktur teks
15. Membuat kalimat sederhana terkait jenis teks bentuk undangan
I want to come to....
Please come to ....
16. Berlatih mengundang seseorang secara lisan menggunakan gambit-gambit tertentu
Contoh:
A: Hi Guys, I want you all to come to my birthday party.
B: We’d love to! When?
A: Tomorrow, at 4.00
17. Secara berpasangan atau dalam kelompok mengungkapkan undangan berdasarkan konteks/situasi yang diberikan
18. Secara mandiri mengungkapkan undangan lisan
-------
19. Tanya jawab berbagai hal terkait topik tertentu ( peristiwa, kejadian, pengalaman )
20. Mengembangkan kosakata, tata bahasa terkait topik / jenis teks recount
21. Mengidentifikasi kejadin, peristiwa, pengalaman yang pernah dialami melalui tanya jawab
22. Melakukan monolog dalam bentuk recount
Standar Kompetensi… Membaca (Reading)
1. Brain storming tentang berbagai hal terkait teks fungsional pendek berbentuk “undangan”
2. Mendengarkan undangan yang dibacakan oleh guru/teman
3. Membaca nyaring teks fungsioanl pendek tentang undangan
4. Menjawab pertanyaan tentang isi teks fungsional pendek “undangan”
5. Menyebutkan tujuan komunikatif teks fungsional pendek “undangan”
6. Menjwab pertanyaan tentang ciri kebahasaan teks fungsional pendek “undangan”
-------
7. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik bacaan
8. Review kosakata dan tatabahasa terkait jenis teks descriptive/recount
9. Membaca teks descriptive/recount
10. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
11. Menjawab pertanyaan tentang tujuan komunikatif tdan langkah retorika teks descriptive/recount
12. Menyebutkan ciri-ciri kebahasaan teks yang dibaca
13. Membaca nyaring dan bermakna teks descriptive/recount
Standar Kompetensi… Menulis (Writing)
1. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik teks fungsional yang akan dibahas
2. Penguatan kembali kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks fungsional
3. Menulis kalimat sederhana terkait jenis teks
4. Menulis teks fungsional pendek berdasarkan konteks
-------
5. Review ungkapan-ungkapan yang mendeskripsikan benda, orang atau tempat.
6. Menulis kalimat yang mendeskripsikan benda, tempat, orang atau binatang berdasarkan gambar/realia.
7. Melengkapi rumpang dalam teks deskriptif dengan kata yang tepat.
8. Menyusun kalimat acak menjadi teks deskriptif yang terpadu.
9. Membuat draft teks deskriptive secara mandiri.
10. Mengekspos teks descriptive yang ditulis di kelas.
SEMESTER II
Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Eliciting kosakata terkait topik yang akan dibahas (noun, verb, adjective, adverb)
2. Menentukan makna kata dan menggunakannya dalam kalimat
3. Mendengarkan guru dan menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi
4. Mendengarkan percakapan tentang materi terkait
5. Menjawab berbagai informasi yang terdapat dalam percakapan
6. Merespon ungkapan-ungkapan yang terkait materi
-------
7. Tanya jawab berbagai hal terkait tema/topik yang akan dibahas
8. Mendaftar kosakata yang digunakan dalam percakapan
9. Menentukan makna kosakata dalam daftar
10. Menggunakan kosakata dalam kalimat
11. Tanya jawab menggunakan ungkapan – ungkapan terkait
12. Menirukan ungkapan yang diucapkan guru
13. Mendengarkan percakapan
14. Menjawab pertanyaan tentang percakapan
Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)
1. Mengembangkan kosakata terkait dengan jenis ungkapan dan tema/topik yang terkait
2. Tanya jawab tentang berbagai hal menggunakan ungkapan terkait materi/topik.tema yang di pillih
3. Menirukan ungkapan-ungkapan terkait materi yang diucapkan guru
4. Latihan bertanya dan menjawab menggunakan ungkapan yang telah dipelajari secara berpasangan
5. Bermain peran melakukan percakapan berdasarkan situasi yang diberikan
-------
6. Tanya jawab menggunakan berbagai kosakata dan ungkapan yang telah dipelajari
7. Mendengarkan yang memuat ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari
8. Menjawab pertanyaan tentang isi percakapan
9. Menjawab pertanyaan tentang makna dan fungsi ungkapan terkait
10. Menggunakan ungkapan – ungkapan terkait berdasarkan konteks
11. Bermain peran mengunakan ungkapan yang telah dipelajari
-------
12. Review kosakata dan ungkapan yang digunakan dalam teks fungsional pendek terkait materi
13. Membuat kalimat sederhana untuk:
mengundang
mengumumkan
memberi pesan
14. Membahas gambit-gambit yang sering muncul dalam teks fungsional terkait
15. Membuat secara lisan:
undangan
pengumuman
pesan singkat
-------
16. Review kosakata dan tata bahasa terkait jenis teks narrative dan tema yang dipilih
17. Membuat kalimat sederhana secara lisan terkait ciri-ciri kebahasaan teks narrative
simple past
past continuous
temporal
conjunctions
connective words
adverbs
adjectives
18. Melakukan percakapan terkait cerita populer di kotanya menggunakan gambit-gambit yang sesuai.
Contoh: Really? That’s terrible!, How then?, First,...., then...., finally...
19. Menceritakan kembali teks narative yang pernah didengar
20. Menceritakan berdasarkan gambar cerita populer.
Standar Kompetensi… Membaca (Reading)
1. Tanya jawab mengembangkan kosakata berdasarkan gambar cerita popular
2. Tanya jawab menggali informasi dalam cerita berdasarkan gambar
3. Mendengarkan teks narrative / recount yang dibaca guru
4. Membaca nyaring teks narrative / recount dengan ucapan dan intonasi yang benar
5. Menjawab berbagai pertanyaan tentang informasi dalam teks yang di baca
6. Menentukan tujuan komunikatif teks narrative / recount yang di baca
7. Menentukan langkah retorika dari teks narrative / recount yang di baca
8. Menentukan ciri kebahasaan teks narrative / recount yang di baca
9. Membaca teks narrative / recount lainnya
-------
10. Mencermati teks fungsional pendek terkait materi
11. Menyebutkan jenis teks fungsional yang dicermati
12. Membaca nyaring teks fungsional terkait materi
13. Menjawab pertanyaan tentang informasi yang terdapat dalam teks
14. Menyebutkan ciri-ciri teks fungsional yang dibaca
15. Membaca teks fungsional pendek lainnya dari berbagai sumber
Standar Kompetensi… Menulis (Writing)
1. Review tujuan komunikatif dan ciri-ciri kebahasaan teks fungsional pendek terkait materi
2. Menulis kalimat sederhana untuk mengundang, mengumumkan, pesan singkat
3. Melengkapi taeks fungsional pendek
4. Menulis teks fungsional (undangan, pengumuman, pesan singkat) pendek
-------
5. Review ciri kebahasaan teks narrative
6. Membuat kalimat sederhana terkait teks narrative
7. Mengembangkan langkah retorika teks recount dan narrative
8. Membuat draft teks recount dan narrative
9. Menulis teks recount dan narrative berdasarkan draft yang dibuat
10. Memajang hasil tulisan di dinding
0 comments:
Post a Comment
1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.
2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.
3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).