Contoh Sein LED T10 by Autoart |
Membaca gudangnya ilmu memang benar adanya. Berkat banyak baca obrolan di grup Kaskus dan FB, ane sedikitnya paham bagaimana cara merawat Berung Jilid IV alias si Verza ane. Berawal dari kegundahan ane yang sekarang pakai alarm motor, khawatir bakal cepat memperpendek usia pemakaian accu alias kakek aki motor.
Memang sangat rasional jika pemakaian alarm motor dapat memperpendek usia pakai aki motor. Dikarenakan setiap menyala (pada Honda Verza) ada lebih dari 45 watt (40 watt untuk semua sein, sisanya buzzer yang entah berapa watt, bisa 6 sampai 25 watt lho) yang dipakai. Sedangkan, Honda Verza sendiri memiliki aki hanya 12V x 3.5A = 42 watt saja, entah itu dibantu dengan kapasitornya atau tidak.
Memang sangat rasional jika pemakaian alarm motor dapat memperpendek usia pakai aki motor. Dikarenakan setiap menyala (pada Honda Verza) ada lebih dari 45 watt (40 watt untuk semua sein, sisanya buzzer yang entah berapa watt, bisa 6 sampai 25 watt lho) yang dipakai. Sedangkan, Honda Verza sendiri memiliki aki hanya 12V x 3.5A = 42 watt saja, entah itu dibantu dengan kapasitornya atau tidak.
Walhasil, ane berinisiatif cari cara agar aki ane ngga su'ul khotimah berakhir buruk. Maka ane himpun beberapa info dari blog-blog sohib otomotif terpercaya dan hasilnya...
1. Ganti semua lampu (bulb) bawaan pabrik dengan LED.
Informasi dari Bro Fikri dengan username Fikri19ExDhen di Kaskus
lampu belakang bohlam 18w rem/5w kota, kalo ganti led bisa cuma 1,5w
lampu sign bohlam 10w, led luxeon 1w
lampu senja bohlam 5w, led biasa kurang dari 1w
lebih irit lagi headlamp dari halogen 35w, ganti ke led 15w
Tambahan lagi dari Bro dengan username ferrodc di Kaskus (dengan beberapa ubahan redaksi ane sendiri)
1. lampu senja type led T10
2. lampu sein type bayonet 1156 (satu kaki) tipe/ukuran T10, kupingan tidak sejajar - kode dudukan lampunya BAU15s
3. lampu rem type bayonet 1157 (dua kaki) tipe/ukuran T20
4. terakhir flasher elektrik
Sumber gambar zetaperformance.com |
2. Tambah ELCO sebagai kapasitor, kebanyakan pakai yang 10.000 micro Farad 50V. Ada yang pasang dua, tiga, sampai empat. Pemasangan dipararelkan ke aki (positif ketemu positif, begitupun sebaliknya). Itu mah kembali lagi ke ente sob, maunya gimana. Tapi hati-hati, takut overcharge akinya.
3. Jangan pakai aksesoris yang memberatkan kinerja aki. Semisal pakai modul hazard yang bisa nyalain lampu sein semuanya dalam satu waktu.
4. Hubungkan kabel alarm yang menuju ke sein hanya satu kabel saja. Jika merasa aneh, hubungkan kabel alarm untuk sein ke kabel rem belakang. Jadi bisa hemat lebih dari 20 watt karena hanya ada dua lampu sein yang menyala.
4. Hubungkan kabel alarm yang menuju ke sein hanya satu kabel saja. Jika merasa aneh, hubungkan kabel alarm untuk sein ke kabel rem belakang. Jadi bisa hemat lebih dari 20 watt karena hanya ada dua lampu sein yang menyala.
Nah, sekarang udah tahu kan gimana cara pakai alarm motor tapi ngga bikin aki soak? Semoga tercerahkan ya sob!
This comment has been removed by a blog administrator.
ReplyDeleteLampu senja led T10 langsung plug n play atau harus ganti socketnya dulu gan ?...
ReplyDeletePnP itu om... kalau kaki lampunya sama dengan bawaan pabrik.
DeleteTapi kalau lampu LED buat sein ngga bisa kedip. Harus diakalin dulu.
Ganti flashernya aja atau gimana ngakalinnya ?
Deleteganti flasher, terus kasih dioda di kabel menuju flahernya.
DeleteCoba ikuti petunjuk suhu di link ini sob >>> https://kotsk.wordpress.com/2010/11/19/honda-beat-ganti-sein-led-malah-error/
Ganti lampu utama, senja sm stoplamp pake led ndak harus tambah relay kan? O iya, lampu sein tetep pakai yang ori soalnya kalau led ndak mau kedip (harus ganti flasher nanti tambah biaya lagi, dikasih beban nanti kelihatannya ndak rapi dan mbubazir)
ReplyDeleteTrims
Ane sih ngga ada tambahan relay... cukup kok.
DeleteKalau mau pakai LED di sein harus copot lampu indikator sein, Sob.
Atau kabel menuju indikator sein dikasih dioda. Rangkaiannya bisa cari di internet (bikin ribet)
Kalau dikasih beban ya itu barusan ane setuju banget, hehe...
Makasih ilmunya mas, semua lampu ya dah sy kasih LED tp cm ada kendala di lampu senjanya sekarang malahan.
DeleteSekarang kan ada tuh, flasher led yang bisa diatur kecepatannya. Berarti tidak perlu dioda lagi kan?
DeleteMas, punyaku lampu senja led verza model jagung. Tp kl klakson dinyalakan malah lampunya ikut mati knp ya? Tolong mas. Trims
ReplyDeleteBanyak aksesori kelistrikan yang dipasang ngga sob?
DeleteAksesoris ya cuma semua lampu saya ganti LED (lampu utama, senja, stoplamp, sein, indikator netral jg) terus saya pakai klakson keong. Cuma itu saja mas.
DeleteTerus kalo udah ganti semua lampu dengan LED, perlu ganti apa lg ya mas? Apa kalo pake semua LED, ndak bakal overcharge pada aki kan? Terima kasih
DeleteBaiknya kita pasang untuk voltmeternya masbro. Biar ketahuan apakah tegangan berlebih atau kurang.
DeleteLoh mas, bukannya lampu headlamp verza hs1 ya? Bisa dipasang t10??
ReplyDeleteLampu headlamp utama memang HS1, tapi yang T10 itu lampu senjanya saja ko masbro.
DeleteKalau lampu senja tipe plasma, bakal kenapa2 gk?? Seperti yg mas Fariz alami, kalau pakai tipe jagung.??
DeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteLetak flasher verza disebelah mana mas?
ReplyDeletedi belakang head lamp (baliknya spidometer)
DeleteKalo lampu utama bukan led trus lampu senja pakai led bisa ga? Ga akan pengaruh ke aki ya gan?
ReplyDelete