8 Langkah untuk Belajar Bahasa Inggris (Menggunakan) Kartu

Posted by

22 Januari 2014

Confused? Click here to read this article in English version.

Hari ini, saya menemukan cara yang menarik untuk mempelajari bahasa Inggris. Materi pengajarannya tentang present tense. Metode pengajaran yang saya gunakan adalah GTM (Grammar Translation Method), tetapi saya menambahkan metode itu ke dalam bentuk permainan yang menyenagkan.

Apa itu Permainan Kartu?
Ini merupakan permainan pembelajaran yanng saya dapatkan ketika saya merasa bosan mengajar menggunakan metode (Guru menjelaskan materi secara satu arah, tidak interaktif) di kelas.

Apa yang Sebaiknya Siswa Persiapkan Sebelum Bermain?
Pastikan bahwa siswa telah mempelajari pola struktur kalimat present tense sebelumnya. Guru bertanggung jawab untuk membagi siswa ke dalam beberapa grup. Pastikan bahwa di dalam grup itu  terdapat berbagai macam siswa (berdasarkan pemahaman mereka terhadap materi yang diberikan).

Apa yang Sebaiknya Guru Persiapkan Sebelum Bermain?
a. kartu berwarna sebanyak mungkin (tergantung kata-kata yang akan dipersiapkan Guru),
b. sebuah papan,
c. bel kuis (jika ada).

Gambar 1.1. Kartu berwarna merupakan bagian penting dalam permainan ini.

Bagaimana Melakukannya?
Langkah 1 (Persiapan): 
Guru menulis sebuah kata dalam tiap kartu. Sebaiknya Guru membagi kartu berdasarkan warna dan part of speech. Sebagai contohnya:
a) kartu warna kuning untuk noun (kata benda).
b) kartu warna biru untuk verb (kata kerja).
c) kartu warna hijau untuk preposition (kata depan).
d) kartu warna merah muda untuk conjuntion (kata sambung).
e) kartu putih untuk... (berdasarkan kebutuhan Guru). Ukuran kartu tergantung keinginan Guru.

Langkah 2 (Persiapan):
Setelah menulis, letakkan kartu-kartu tersebut di atas meja. Kemudian, tempatkan meja di depan kelas. Pastikan bahwa meja yang digunakan cukup lebar (karena akan ada banyak kartu di atasnya).

Langkah 3 (Persiapan):
Letakkan kartunya secara acak.

Langkah 4 (Kegiatan):
Arahkan siswa tentang kegunaan kartu. Ingat, kartu dibagi berdasarkan part of speech.

Langkah 5 (Kegiatan):
Beritahukan kepada siswa bahwa mereka hanya mempunyai beberapa menit untuk memilih dan menyusun kata ke dalam kalimat. (Perkiraan waktu diserahkan pada Guru. Saran saya, berikan mereka 2-5 menit)

Langkah 6 (Kegiatan):
Tentukan grup secara acak untuk maju ke depan dan melakukan permainannya. Hal tersebut membutuhkan kerjasama siswa.

Langkah 7 (Kegiatan):
Ketika permainan dimulai, siswa menyusun kata ke dalam kalimat lalu menempelkannya pada papan. Peringatkan mereka bahwa sisa waktu sebentar lagi habis.

Langkah 8 (Kegiatan):
Bunyikan bel untuk memberitahukan mereka bahwa waktu telah habis. Analisa hasil permainannya dan berikan mereka nilai atas usaha mereka.

Itulah beberapa langkah sederhana yang (diharapkan) mampu membuat siswa senang dalam pembelajaran bahasa Inggris. Mohon berikan komentar untuk meningkatkan kualitas artikel ini. Terimakasih, Sohib D' Teach.


Blog, Updated at: 08:11

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).