Studying List for MTs/SMP 7th Grade

Posted by

As salamu ‘alaikum, hai rekan seperjuangan! Sahabat D’ Teach! Terutama bagi siswa MTs SA Attaufiiqiyyah yang bersama-sama berjuang di jalan Allah (Ibnu Sabil). Sengaja saya membuat blog ini untuk menunjang proses pembelajaran kalian sehingga meskipun dalam waktu yang sedikit di kelas dapat tercukupi dan efektif.


Berikut merupakan daftar bahan ajar mata pelajaran bahasa Inggris kelas VII (Tujuh).


SEMESTER I

Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Tanya jawab yang terkait dengan materi (sapaan, perkenalan, perintah atau larangan)
2. Membahas kosa kata dan tata bahasa yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang
3. Mendengarkan percakapan yang terkait dengan sapaan, perkenalan, memberi perintah atau melarang.
4. Menjawab / merespon pertanyaan.
-------
5. Mendengarkan dan merespon introduction tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf, kesantunan.
6. Memperhatikan kosakata dan tatabahasa yang kemungkinan besar muncul dalam mendengarkan topik materi
7. Mendengarkan percakapan tentang meminta dan memberi informasi, ungkapan terimakasih, permintaan maaf dan kesantunan
8. Mendengarkan gambit-gambit yang muncul dalam materi percakapan terkait.
-------
9. Menjawab/merespon pertanyaan berdasarkan materi yang diperdengarkan.
10. Tanya jawab yang terkait dengan materi
11. Membahas kosakata & tata bahasa: verb phrase yang berkaitan dengan instruksi, ucapan selamat; noun phrase yang berkaitan dengan daftar benda/barang
12. Mendengarkan percakapan yang sesuai dengan materi
13. Menjawab/merespon pertanyaan tentang struktur percakapan
-------
14. Mendengarkan dan merespon introduction tentang makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement.
15. Memperhatikan  kosakata dan tatabahasa yang mungkin muncul dalam makna yang tersurat dalam ungkapan-ungkapan  fungsional pendek lisan berupa instruksi, shopping list, greeting card, announcement
16. Mendengarkan teks-teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi terkait 
17. Mengidentifikasi makna gagasan teks lisan fungsional pendek yang terkait dengan topik materi
18. Menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang makna gagasan yang terdapat dalam materi teks fungsional pendek lisan yang disampaikan

Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi.
2. Meniru ungkapan-ungkapan sapaan dan respon sapaan.
3. Membahas kosakata dan struktur percakapan sesuai materi.
4. Latihan percakapan dalam bentuk dialog.
5. Menggunakan ungkapan-ungkapan percakapan sesuai materi dalam situasi nyata.
-------
6. Mendengarkan dan memberi respon tentang introduction tindak tutur topik materi yang akan disampaikan
7. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam tindak tutur dengan topik materi yang akan disampaikan
8. Mendengarkan model percakapan yang menggunakan tindak tutur tentang topik materi yang disampaikan
9. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan teman
10. Menggunakan tindak tutur dengan topik materi yang disampaikan dengan variasi-variasi atau kemungkinan-kemungkinan secara bebas
-------
11. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
12. Menirukan ungkapan-ungkapan sesuai materi
13. Membahas kosakata dan struktur percakapan
14. Latihan memberi perintah, mengucapkan selamat, mengumumkan dengan singkat menggunakan ungkapan percakapan dalam situasi nyata
-------
15. Mendengarkan dan memberi respon  introduction tentang makna gagasan teks lisan fungsional pendek sesuai topik materi yang akan disampaikan
16. Mendengarkan dan memberi respon penjelasan tentang kosakata, tatabahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverbs, shrort answer, istilah-istilah dalam teks fungsional pendek.
17. Mendengarkan model teks-teks lisan fungsional pendek
18. Menggunakan teks-teks fungsional pendek dalam simulasi
19. Mengidentifikasi makna gagasan teks-teks lisan fungsional pendek
20. Menjawab pertanyaan tentang makna gagasan teks fungsional pendek secara lisan

Standar Kompetensi… Membaca (Reading)

1. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring: pronunciation, intonation
2. Mendengarkan model membaca nyaring
3. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
4. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar
-------
5. Tanya jawab yang terkait dengan materi
6. Menirukan membaca nyaring
7. Mengidentifikasi informasi yang terdapat dalam bacaan
8. Membahas kosakata struktur kalimat, struktur bacaan

Standar Kompetensi… Menulis (Writing)

1. Membahas ciri-ciri jenis teks fungsional pendek
2. Membuat frasa, kalimat sesuai materi
-------
3. Mendengarkan dan merespon penjelasan tentang ciri-ciri teks fungsional pendek
4. Menyusun kata dalam bentuk frasa benda
5. Menyusun kata, frasa dalam kalimat padu
6. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan dengan bantuan guru
7. Mengidentifikasi ciri-ciri teks fungsional pendek yang diberikan secara mandiri
8. Melengkapi teks fungsional pendek dengan struktur teks yang benar.
9. Menulis teks fungsional pendek.



SEMESTER II

Standar Kompetensi… Mendengarkan (Listening)
1. Tanya jawab tentang berbagai hal terkait  materi
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun phrase, adjective, adverb, verb yang terkait dengan meminta dan memberi jasa, meminta dan memberi barang, meminta dan memberi fakta
3. Mendengarkan percakapan sesuai dengan materi
4. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi percakapan
5. Menjawab pertanyaan tentang struktur percakapan
-------
6. Mendengarkan dan merespon introduction tentang topik materi yang akan disampaikan
7. Mendengarkan dan merespon penjelasan kosakata dan tatabahasa tentang topik materi yang akan dipelajari
8. Mendengarkan percakapan transaksional dan interpersonal tentang topik materi yang dipelajari
9. Mengidentifikasi tindak tutur ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan
10. Merespon ungkapan-ungkapan yang diperdengarkan
-------
11. Brain storming tentang kosakata terkait materi
12. Membahas kosakata dan tata bahasa terkait materi tentang : noun, noun phrase, adjective, verb, adverb.
13. Mendengarkan teks fungsional  yang mengunakan gambit-gambit attention please, thanks, excuse me, sorry.
14. Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi teks yang didengar
15. Menjawab pertanyaan tentang struktur teks fungsional yang didengar
-------
16. Mendengarkan dan merespon tentang berbagai hal terkait tema / jenis teks yang dibahas.
17. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang muncul dalam teks deskriptif / prosedur
18. Mendengarkan model monolog teks deskriptif/prosedur
19. Menjawab pertanyaan secara lisan tentang isi teks deskriptif/prosedur
20. Menyebutkan fungsi komunikatif teks yang didengar.
21. Mengidentifikasi kata kerja dari teks yang didengar.
22. Mendengarkan teks deskriptif / prosedur lainnya.

Standar Kompetensi… Berbicara (Speaking)

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, adjective, adverb, noun phrase
3. Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi
4. Berlatih dengan teman mengunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi
5. Bermain peran menggunakan ungkapan yang telah dipelajari.
-------
6. Mendengarkan dan merespon pertanyaan tentang topik materi yang akan disampaikan
7. Mendengarkan dan merespon pembahasan tentang kosakata dan tatabahasa yang terkait dengan topik materi yang akan disampaikan
8. Mendengarkan model percakapan transaksional dan interpersonal dengan topik materi yang dipelajari
9. Menirukan model percakapan transaksional dan interpersonal dengan topik materi yang dipelajari
10. Melakukan percakapan transaksional dan interpersonal dengan teman dengan materi yang dipelajari
-------
11. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
12. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
13. Menirukan ungkapan-ungkapan yang digunakan dalam percakapan sesuai materi
14. Mendengarkan teks fungsional / pendek
15. Menjawab pertanyaan tentang isi teks yang didengar.
16. Menggunakan ungkapan-ungkapan yang ada dalam percakapan sesuai materi dengan teman berpasangan
17. Mengguanakan ungkapan-ungkapan sesuai dengan materi dalam keadaan/situasi nyata
-------
18. Mendengarkan dan merespon berbagai hal  tentang teks deskriptif/prosedur
19. Memperhatikan dan merespon penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa dalam teks monolog Deskriptif/prosedur tentang Dea/How to make a cup of tea.
20. Mendengarkan model monolog lisan tentang teks deskriptif/prosedur
21. Mendiskusikan dalam kelompok draft monolog mendeskripsikan kembali, menyampaikan prosedur dengan kata-kata sendiri
22. Melakukan monolog lisan secara individu

Standar Kompetensi… Membaca (Reading)

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb
3. Mendengarkan contoh membaca nyaring yang dilakukan guru
4. Berdiskusi dengan teman menjawab pertanyaan bacaan
5. Menjawab pertanyaan bacaan secara lisan individual
6. Membaca nyaring bergiliran
-------
7. Mendengarkan dan merespon introduction tentang teks deskriptif/prosedur dengan topik materi yang akan dibaca.
8. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan teks deskriptif/prosedur yang akan dibaca
9. Memperhatikan penjelasan tentang langkah retorika teks deskriptif/prosedur
10. Mengidentifikasi langkah retorika dalam kerja kelompok
11. Mengidentifikasi berbagai informasi dalam kerja kelompok
12. Mengidentifikasi langkah retorika dan berbagai informasi secara mandiri
-------
13. Mendengarkan dan merespon hal-hal yang perlu diperhatikandalam kegiatan membaca nyaring teks descriptive/procedure tentang pentingnya  pronunciation, intonation, punctuation, kualitas suara
14. Mendengarkan model membaca nyaring teks descritive/procedure
15. Menirukan membaca nyaring dengan intonasi dan jeda sesuai model
16. Membaca nyaring sendiri dengan lafal, intonasi, dan jeda yang baik dan benar

Standar Kompetensi… Menulis (Writing)

1. Tanya jawab yang berkaitan dengan materi
2. Membahas dan mengembangkan kosakata dan tata bahasa: noun, noun phrase, adj, verb, adverb, simple Pr tense, imperative
3. Membuat frasa, kalimat sesuai dengan materi
4. Membahas struktur atau ciri-ciri teks tulis fungsional pendek
5. Membuat teks tulis fungsional pendek terpimpin ataudengan teman
6. Membuat teks tulis fungsional pendek sendiri dengan bebas
-------
7. Mendengarkan dan merespon introduction tentang penulisan teks monolog deskriptif / prosedur.
8. Memperhatikan penjelasan tentang kosakata dan tatabahasa yang berkaitan dengan penulisan teks monolog deskriptif / prosedur
9. Memperhatikan dan membaca teks deskriptif / prosedur.
10. Menulsi frasa-frasa, kalimat-kalimat yang diperlukan untuk menulis teks deskriptif / prosedur.
11. Menulis teks deskriptif / prosedur dengan struktur teks yang benar.


Studying List  #1 : “English for 7th Grade”
By: Van D’ Teach (antonia.ivan@ymail.com)


Blog, Updated at: 02:13

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).