Cara Meningkatkan Rank Alexa Tanpa Banyak Posting

Posted by

Hai sohib Van D Teach, sudah empat hari ane ngga posting yang rame. Yah, entah kenapa rasanya penasaran dengan penilaian Alexa. Lho kok bisa?

Akhir-akhir ini, ane meneliti perkembangan blog ane, terasa ada yang menarik. Ya, itulah rank Alexa yang ane maksud. Rank atau peringkat di Alexa ternyata tidak berpatok pada banyaknya postingan saja, tetapi juga kualitas dan traffic pengunjungnya.

Sebulan yang lalu, rank Alexa blog ini di bawah 10.000.000 (Rank Alexa Van D Teach Bulan Oktober 2014) dan sekarang meningkat berada di atasnya. Tentu saja bukan tanpa usaha, melainkan dengan beberapa trik yang sederhana.

Lalu apa saja yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan peringkat Alexa blog kita? Coba sohib baca contoh berikut...
Gambar 1.1. Rank Alexa yang berhasil menduduki peringkat 10.000.000 besar
Contohnya:
Selama dua pekan ini, ane jarang publikasikan postingan ane di blog ini. Sekalinya ngeblog, ane dapet bahan artikel yang menarik, misalnya Cara Membuat Kartu BPJS Secara Mandiri. Nah, ane sudah buat artikelnya dan ternyata kurang laku. Coba sohib promosikan dulu artikel yang sohib buat di web atau blog lain.
Beberapa hal yang perlu sohib lakukan, antara lain:

1. PERHATIKAN 'PERATURAN' SANG PEMILIK BLOG/SITUS
Pengalaman ane, numpang link di blog orang lain. Ternyata, dia tidak mengizinkan adanya link yang (mungkin) dapat mengganggu peringkat Alexa blognya. Alhasil, komentar ane yang mencantumkan link itu tidak dipublikasikan.

2. ARTIKEL HARUS RELEVAN
Tentunya, artikel yang akan sohib promosikan haruslah relevan dengan web / blog tempat sohib 'numpang' mempromosikan. Kalau tidak, ya pastinya pengunjung yang masuk ke blog sohib kurang dari yang diharapkan.

3. CARI SITUS PENYEDIA LINK 'DOFOLLOW'
Apa sih itu dofollow? Singkatnya begini, jika link yang sohib cantumkan di kolom komentar situs lain itu 'do-follow', maka google akan ikut serta mendeteksi link tersebut jika ada yang mencari informasi berkaitan dengan link yang sohib berikan.

Bagaimana kalau bukan 'do-follow'?
Itu namanya link 'no-follow' yang kualitas (google untuk mencari link sohib) di bawah 'dofollow'. Namun jangan khawatir, sertakan saja link itu, siapa tahu ada yang penasaran dan masuk berkunjung ke blog sohib.

4. GUNAKAN TEMPLATE SITUS YANG SEO-FRIENDLY
Ini cara yang nyaman, namun yaaa... keindahan blog agak berkurang. Ini dikarenakan, jika blog atau situs sohib ingin cepat ditemukan oleh Google atau mesin pencari lainnya, maka sohib harus mempunyai tempate blog yang responsif, user-friendly, juga SEO (Search Engine Optimizer) friendly. Insya Allah, blog sohib tidak akan sulit ditemukan mesin pencari deh.

Itulah beberapa penjelasan sederhana dari Van D Teach. Semoga dapat membantu sohib dalam meningkatkan rank Alexa blog sohib.
Terimakasih atas kunjungannya!


Blog, Updated at: 13:39

2 comments:

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).