Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Melamar Pekerjaan

Posted by

Melamar pekerjaan adalah langkah yang mayoritas orang pasti melaluinya. Ternyata, dalam melamar pekerjaan, ada beberapa ketentuan yang luput dari perhatian kita. Terlebih, jika hal yang luput itu malah yang terpenting yang menentukan diterima atau tidaknya seseorang. Apa saja hal yang perlu kita perhatikan dalam melamar pekerjaan? Berikut Van D Teach rangkum ke dalam tiga bagian; sebelum, saat, dan setelah lamaran pekerjaan.

SEBELUM LAMARAN
1. Pastikan sohib telah mempelajari latar belakang perusahaan yang akan dilamar.
2. Mengetahui lokasi tempat bekerja ialah poin plus. Jika perusahaan yang dilamar (dalam brosurnya) menjanjikan akan diberi upah besar, tapi kenyataanya tempat kerja bukan milik perusahaan (apalagi kecil), perlu dipertimbangkan ulang.
3. Jangan terpengaruh oleh iming-iming gaji besar maupun tunjangan berlimpah. Konsultasikan posisi yang akan sohib lamar kepada orang tua, rekan, maupun saudara yang berpengalaman.

SAAT LAMARAN
1. Persiapkan data pribadi seperti; CV, surat lamaran pekerjaan, foto kopi KTP, foto kopi KK, foto kopi ijazah, foto kopi transkrip nilai, foto kopi surat kelakuan baik (SKCK) dari kepolisian setempat, foto kopi kartu kuning dari dinas tenaga kerja setempat.
2. Data yang difoto kopi akan lebih baik jika sudah dilegalisir oleh pihak berwenang.
3. Jangan lupa amplop besar untuk memasukkan data pribadi lamaran sohib.
4. Buat rangkap (back up) data di atas dalam flashdisk jika sewaktu-waktu perusahaan meminta dikirimkan via e-mail.

SETELAH LAMARAN
1. Pastikan nomor telepon/ponsel yang sohib gunakan selalu aktif.
2. Jika ada nomor yang miss call (tidak terangkat), alangkah baiknya jika sohib telepon balik dan bertanya. Pengalaman ane malah dibiarkan, tak tahunya itu asli dari pihak kantor.
3. Tidak semua perusahaan/instansi mengirim sms maupun e-mail. Ada beberapa di antara mereka yang hanya menelepon untuk memberitahukan jadwal wawancara kerja.

Itulah beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam melamar pekerjaan. Semoga bermanfaat untuk kita semua dan tetap semangat!


Blog, Updated at: 06:08

0 comments:

Post a Comment

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).