Tips agar Laptop Awet

Posted by

As salamu 'alaikum.
Hai sohib Van D Teach!
Hampir sebulan ane ngga buat postingan dikarenakan ada hal-hal tertentu yang jadi prioritas. Oke, kita to the point aja ke topik kita kali ini. Meski ane bukan pakar dalam bidang laptop, setidaknya bermanfaat.

Bagi sohib yang seperti ane, tiap hari tidak bisa lepas dari komputer, laptop, atau barang elektronik lainnya, ini merupakan tips yang tepat dan bermanfaat. Ane buat lebih spesifik pada cara merawat laptop yang baik. Supaya lebih mudah dipahami, ane bagi ke dalam tiap bagian dari laptop.


1. LAYAR LCD/LED
Ini merupakan bagian yang tipis dan sensitif, kita sering lupa atau bahkan sengaja menutup laptop ketika beru saja dimatikan. Ini kebiasaan yang kurang baik, sob. Sekedar upaya preventif agar layar LCD laptop kita awet ialah dengan cara mendiamkan laptop terlebih dahulu setelah pemakaian. Gunanya agar panas dalam laptop bisa mereda dan tidak berimbas pada layar LCD laptop kita.

2. KEYBOARD
Hati-hati dengan perangkat yang satu ini. Walau fungsinya bisa digantikan dengan fitur aksesori 'On-Screen Keyboard' bawaan Windows, namun tetap saja repot. Cara merawatnya ialah dengan sering membersihkannya menggunakan sikat halus agar debu terangkat. Bagi para gamers, hal yang perlu diperhatikan ialah hindari penggunaan keyboard langsung laptop pada saat bermain game yang sekiranya membutuhkan kecepatan dan kelihaian jari. Gunakan keyboard USB agar keyboard laptop sohib berjalan normal. Jangan paksa tekan keyboard sohib bila huruf yang diinginkan tak kunjung muncul. Bisa jadi masalah itu datangnya dari proses data, bukan dari keyboard.

3. BATERAI
Ada tiga pendapat yang berkembang. Beberapa diantaranya ialah;
a.) Tetap menggunakan charger dan baterai laptop ketika sedang digunakan. Berdasarkan pengalaman ane, hal ini berguna untuk menghindari  terjadinya mati lampu. Kekurangan dari cara ini ialah baterai yang terpasang akan cepat drop.
b.) Tetap menggunakan charger dan melepas baterai laptop ketika sedang digunakan. Cara seperti ini agak riskan untuk komponen memori laptop sohib, tetapi mampu membuat baterainya awet.
c.) Melepas charger laptop ketika sedang digunakan. Seperti halnya handphone atau smartphone, cara paling aman ialah dengan memakai baterai yang sudah diisi penuh sebelumnya. Cara ini diyakini dapat memperpanjang masa usia baterai.

Itulah beberapa pendapat dari Van D Teach. Semoga bermanfaat bagi sohib sekalian!


Blog, Updated at: 06:46

2 comments:

  1. Replies
    1. Ini berdasarkan pengetahuan saya yang terbatas. Hehe...
      Thanks sudah mampir ke blog ecek ecek ini...

      Delete

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).