Motor Cafe-Racer Itu Berbahaya!

Posted by

Yah, memang ini judul yang tampak kontroversial. Eits... tunggu, jangan emosi dulu. Tapi ya kalau kita tela'ah, ada benarnya juga lho. Apa saja faktanya? Mari kita baca artikel ini!

Ane lagi iseng-iseng baca tentang otomotif sepeda motor di internet, nemu artikel di link ini http://jackbiker.com/2014/02/6247/10-motor-paling-asik-di-modifikasi-cafe-racer/
Ane teliti sedikit demi sedikit. Ternyata ada 'kejanggalan' yang ditemukan.

Gambar 1.1. Motor ini memang keren, tapiii...
Kelihatan kan?

1. MINUS KACA SPION
Rata-rata, modifikasi di web tersebut tidak memakai kaca spion. Kalau pun ada, posisinya di daerah ujung stang (biasanya ini tempat balancer stang motor) atau malah hanya dipasang sebelah saja.

Lho, memangnya kenapa? Itu estetika meeen, seni!

Coba bayangkan sohib pas mau belok, tapi ternyata di belakang sohib ada kendaraan yang melaju sangat kencang. Apa akan yang terjadi selanjutnya? Itu tergantung dari usaha kita dan sisanya dikembalikan pada Allah.

Gambar 1.2. Kalau yang ini sepertinya pakai aki deh, tapi spionnya cuma sebelah.
2. MINUS AKI
Ada yang ngeles, "Klakson saya bisa kok bunyi tanpa aki." Ya, memang bisa, tapi ngga akan keras suaranya. Fungsi accu (baca: aki) kan untuk menyuplai power untuk lampu, klakson, starter elektrik, dan lainnya. Nah, kalau ngga pakai aki, gimana klakson bisa bunyi dengan keras? Bisa-bisa fungsi klakson si motor sohib hanya sebatas hiasan aja.

3. MINUS SPAKBOR/SLEBOR BELAKANG
Yaaah... Estetika sih emang dapet, tapi kalau musim hujan ini nih yang bikin pengendara motor di belakang jadi uji kesabaran. Ane pernah ngikutin motor yang spakbor-nya pendek, terus setelah berhenti malah hasilnya helm ane belepotan kena cipratan air dari ban belakang motor yang spakbor-nya pendek itu. Hwelleh weleeeh... nasiiib...

4. MINUS KESEHATAN TULANG BELAKANG
Ini hasil pengamatan dari tim otomotifnet.com bahwa modif Cafe-racer atau Jap-Style dapat berakibat buruk bagi pengendaranya. Hal tersebut dapat mengakibatkan pengapuran tulang belakang. Silahkan cek artikelnya di sini >>> http://motor.otomotifnet.com/read/2012/09/15/334372/64/14/Desain-Cafe-Racer-Akibatkan-Pengapuran-Tulang-Belakang
Intinya, modifikasi motor ala cafe-racer itu berbahaya JIKA... tidak memenuhi standar keselamatan berlalu lintas serta kenyamanan sang rider serta pengendara lainnya.

Artikel ini dibuat bukan untuk menyindir apalagi menghina. Tapi untuk mengingatkan sesama biker. Semoga bermanfaat!

Referensi dan Sumber Gambar :
berniaga.com
jackbiker.com
otomotifnet.com


Blog, Updated at: 10:58

4 comments:

  1. saya pake cafe racer untuk lifestyle, dipake kalo weekend jadi kalo hari hari saya pake motor konvensional (motor umumnya) memang benar pake cafe racer pegel banget, makanya gak saya pake untuk harian, untuk weekend nongkrong ama temen dan ngumpul di komunitas sih keren banget.
    jadi saran saya, jangan pake motor modifikasi (balap) untuk harian
    terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terbaik lah Bang Bro!

      Kebanyakan sih memang udah jarang sekali yang pakai motor cafe-racer buat harian.

      Thanks kunjungannya Bang Bro!

      Delete
  2. Jadi klo di jalan raya bisa ketilang nggak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung yang nilang... ada niat jahat atau ngga

      wkwkwk

      Delete

1. Komentar ini dapat menggunakan akun Wordpress, anonim, dan OpenID.

2. Mohon kritik dan saran demi meningkatkan kualitas artikel blog ini.

3. Diperbolehkan berkomentar menggunakan link aktif yang bermanfaat (bukan jual beli).